Shell Eco-marathon Asia 2010 (Kendaraan Ramah Lingkungan)

29 Aug 2011 arrie

Keris merupakan karya Tim Dazzlings FTUI yang masuk dalam kategori Futuristic Prototype. Secara filosofis terinspirasi dari senjata etnis Indonesia yang memiliki bentuk unik dan motif estetik. Mobil bermesin SOHC, kapasitas 35 cc dengan kompresi 4 tak ini merupakan konsep mobil masa depan yang ideal dengan mengedepankan desain modern dan irit bahan bakar yang ramah lingkungan.

Pasoepati, kendaraan berkapasitas satu penumpang memiliki keunggulan pada akesibilitas dan kemudahan aplikasi bentuk. Ide awal desain bodi terinspirasi dari bentuk tubuh ikan yang aerodinamis dan memiliki kontur streamline yang membuatnya cepat bergerak di dalam air.


Mobil besutan Tim Yellow Makara ini bermesin Mahator 125 cc dengan kompresi 4 tak sehingga dapat menempuh jarak 200 km dengan satu liter bensin. Pasoepati masuk dalam kategori Urban Concept dan memiliki koefisiean drag yang kecil sehingga mengurangi hambatan udara ketika mobil melaju.

Equator, mobil karya Tim Zamrud Khatulistiwa FT UI masuk dalam kategori Urban Concept, didesain dengan mengedepankan konsep aerodinamis, streamline, efisien, dan mengutamakan kenyamanan pengendara dengan adanya lekukan pada sisi samping mobil yang dapat menimbulkan down force sehingga mobil tidak ada guncangan saat melaju di kecepatan tinggi. Equator mengandalkan mesin Suzuki 110 cc dengan kompresi 4 tak, Equator diproyeksikan dapat menempuh jarak sejauh 300 km dengan satu liter bensin.

Presiden Director PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi mengatakan sebagai universitas yang mengedepankan inovasi dan riset di bidang teknologi, UI pantas menjadi wakil Indonesia untuk Shell Eco-marathon Asia 2010.


Leave a Reply

Powered by Blogger.
Powered by Blogger. Designed by elogi. Converted by Smashing Blogger for LiteThemes.com. Proudly powered by Blogger.